Pengertian Olahraga, Manfaat dan Jenis Olahraga

pengertian olahraga

Pengertian Olahraga – Aktivitas olahraga sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah Sahabat tahu, apakah olahraga itu?

Setiap aktivitas olahraga yang kita lakukan, tentu memiliki tujuan tertentu. Lalu apakah manfaat olahraga? Selain beberapa pertanyaan seputar pengertian olahraga, manfaat olahraga, tentu dibenak kita pernah terfikirkan mengenai ada berapa macam olahraga itu? atau jenis-jenis olahraga?

Nah, pada kesempatan ini, Sakuilmu akan membahas permasalahan tersebut diatas. Jadi Sahabat akan lebih mengerti lagi mengenai pengertian olahraga, manfaat olahraga dan jenis-jenis olahraga. Mari simak penjelasannya dibawah ini :

1. Pengertian Olahraga

Pengertian Olahraga
Aktivitas Fisik didalam Olahraga

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Tahukah Sahabat, jika para ahli mendifinisikan olahraga ini dengan pengertian yang sedikit berbeda-beda?

Para ahli memiliki sudut padang tersendiri, sehingga mereka memiliki definisi olahraga masing-masing. Nah jika Sahabat ingin tahu apa definisi olahraga berdasarkan para ahli, simak penjelasan dibawah :

a. Definisi Olahraga Menurut Para Ahli

  • Pengertian Olahraga menurut Oxford Dictionary : olahraga didefinisikan sebagai “kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik dan keterampilan di mana seorang individu atau tim bersaing dengan orang lain atau orang lain untuk hiburan”
  • Deifinisi Olahraga berdasarkan kbbi : Olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing)
  • Menurut situs wikipedia.org, Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur)
  • Pengertian Olahraga menurut pencarian google : Olahraga adalah Suatu kegiatan yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan keterampilan di mana seorang individu atau tim bersaing dengan orang lain atau orang lain.
  • Pengertian olahraga berdasarkan Australian Sports Commission, ASC : Olahraga adalah aktivitas manusia yang mampu mencapai hasil yang membutuhkan pengerahan tenaga fisik dan / atau keterampilan fisik, yang, berdasarkan sifat dan organisasinya, kompetitif dan secara umum diterima sebagai olahraga

Dari beberapa definisi olahraga diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa olahraga merupakan aktivitas fisik yang dilakukan oleh manusia. Namun aktivitas seperti apakah yang bisa dikategorikan sebagai sebuah olahraga? Simak penjelasannya dibawah ini.

b. Kriteria Olahraga

Suatu aktivitas bisa disebut olahraga jika memenuhi kriteria dibawah ini :

  • Aktivitas manusia yang melibatkan keterampilan fisik dan pengerahan tenaga .
  • diatur oleh seperangkat aturan atau kebiasaan .
  • dilakukan secara kompetitif dan mampu mencapai hasil .

2. Manfaat Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Namun yang perlu diingat, olahraga yang memberikan dampak kesehatan ini adalah jenis olahraga yang tidak memporsis kemampuan fisik / tubuh kita.

Pada kesempatan ini, sakuilmu akan merangkum beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani kita yang dirangkum dari http://insportscenters.com/

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Jantung adalah otot, perlu berlatih dan bekerja. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan keseluruhan sistem kardiovaskular Anda.
  • Menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Jantung yang lebih sehat berarti berkurangnya risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes.
  • Membantu mengatur berat badan. Tidak hanya aktivitas fisik membakar kalori, itu juga meningkatkan metabolisme Anda dalam jangka panjang.
  • Mengurangi tekanan darah. Aktivitas fisik menjaga jantung dan pembuluh darah Anda sehat, membantu mencegah hipertensi.
  • Kebugaran aerobik yang ditingkatkan. Berpartisipasi dalam kegiatan aerobik – seperti berlari, bersepeda, atau berenang – dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengangkut dan memanfaatkan oksigen di paru-paru dan darah.
  • Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Latihan ketahanan menantang sistem otot Anda, menghasilkan otot yang lebih besar, lebih kuat.
  • Peningkatan fleksibilitas sendi dan rentang gerak. Fleksibilitas yang ditingkatkan mengurangi risiko cedera.
  • Penghilang stres. Olahraga adalah penambah suasana hati yang hebat dan telah terbukti menjadi metode yang efektif untuk menghilangkan stres.
  • Menurunkan risiko jenis kanker tertentu. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung mengembangkan kanker payudara, usus besar, dan paru-paru.
  • Kontrol kolesterol. Olahraga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).
  • Menangkal osteoporosis. Membangun tulang yang padat dan kuat adalah manfaat lain dari aktivitas fisik.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berolahraga lebih banyak = lebih sedikit sakit.
  • Tidur yang lebih baik. Kami tahu betapa pentingnya tidur , dan berolahraga dapat membantu Anda merasakan manfaat ini.
  • Manfaat kesehatan mental. Olahraga juga baik untuk kesehatan mental Anda, karena dapat melawan perasaan cemas dan depresi, mempertajam fokus Anda, dan meningkatkan harga diri.
  • Hidup yang berkepanjangan. Ketika Anda menambahkan semua manfaat ini bersama-sama, apa yang Anda dapatkan? Kehidupan yang lebih panjang, lebih sehat, dan lebih menyenangkan!

3. Jenis-jenis Olahraga

Jika kita tadi sudah mengenal pengertian olahraga dan manfaat olahraga, kali ini kita akan mengenal beberapa jenis olahraga. Saat ini olahraga sangat banyak macamnya. Namun dapat digolongkan dalam beberapa jenis olahraga.

Berikut beberapa jenis olahraga yang ada di Indonesia :

  1. Olahraga Beladiri. Yang termasuk kedalam beladiri diantaranya adalah pencak silat, taekwondo, karate, kungfu, Muay Thai, Kick Boxing, Tinju serta ada beberapa olahraga beladiri tradisional yang merupakan aliran dari pencak silat. Olahraga tradisional ini belum terlalu dikenal antara lain tarung derajat, perisai, cimande dll.
  2. Olahraga Bola. Yang termasuk didalam olahraga bola ini antara lain Sepak bola, bola voli, bulu tangkis dll
  3. Olahraga Balap. Yang termasuk didalam olahraga balap antara lain pacuan kuda, balap sepeda, motor cross, dll
  4. Atletik. Untuk olahraga atletik terdiri dari nomor lari, lempar, lompat. Antara lain lari jarak pendek, lari jarak menengah dan jauh, marathon, lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru, lompat jangkit, lompat jauh dll.

Demikian Sahabat, informasi mengenai pengertian olahraga, manfaat dan jenis – jenis olahraga. Semoga bermanfaat.

Pengertian Olahraga, Manfaat dan Jenis Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas