Pengertian Sinonim, Antonim, Dan Anonim

pengertian sinonim

Pengertian Sinonim, Antonim, Dan Anonim | sakuilmu.my.id – Apakah Sobat tahu apa pengertian sinonim, pengertian antonim, dan pengertian anonim didalam Bahasa Indonesia?.

Sekilas kata-kata sinonim, antonim dan anonim hapir sama, tapi ternyata memiliki arti yang sangat berbeda bahkan diantaanya merupakan kebalikan kata yang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita menemukan kata-kata yang sama maknanya, atau sebaliknya kata yang berlawanan arti atau maknanya. Namun tahukah Sobat istilah dari persamaan kata dan kata yang berlawanan artinya tersebut? Langsung saja, kita kali ini akan mengetahui istilah sinonim, antonim dan anonim.. 😀

pengertian sinonim

1. PENGERTIAN SINONIM

Sinonim adalah persamaan kata atau bisa disebut juga dengan padanan kata. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sinonim diartikan dalam bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif

Contoh Sinonim

Berikut ini beberapa contoh kata sinonim yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari

– Pandai = Pintar.
– Datang = Hadir.
– Melihat = Menonton.
– Tradisional = Konvensional.
– Senang = Gembira
– Bohong = Dusta
– Bertemu = Berjumpa
– Jelek = Buruk

Mudah bukan Sobat? jadi Sinonim itu artinya padanan kata. Nah, mari kita lanjut kepada topik kata selanjutnya yaitu Antonim, tentu saja setelah kita paham pengertian sinonim.

2. PENGERTIAN ANTONIM

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Pengertian Antonim adalah lawan kata atau kata yang berlawanan makna dengan kata lain. Boleh dibilang Antonim ini merupakan kebalikan dari Sinonim. Jika sinonim merupakan padanan kata, maka antonim adalah lawan kata.

Contoh Antonim

Berikut ini beberapa contoh kata yang tergolong kepada antonim.

– Turun >< Naik.
– Tidur >< Bangun.
– Rajin >< Malas.
– Formal >< Non Formal.
– Impiris >< Empiris.
– Homogen >< Hiterogen.
– Mengecil >< Membesar.
– Inflasi >< Deflasi.
– Stabil >< Labil.

3. PENGERTIAN ANONIM

Setelah kita mengenal Sinonim dan antonim, kali ini kita akan mengenal arti kata antonim. Berdasarkan situs KBBI Anonim berarti tanpa nama; tidak beridentitas; awanama;.

Jangan kejebak ya, pengertiannya tidak hubungannya dengan pengertian sinonim maupun pengertian antonim. Jadi pengertian Anonim adalah tanpa nama, atau tidak beridentitas yaitu kata yang tidak diketahui nama pengarangnya (biasanya terdapat pada sastra lama).

Contoh Anonim

Berikut bebera Contoh anonim :
– Dongeng.
– Sage.
– Mitos.
– Legenda.

Demikian Sahabat sakuilmu, pengertian sinonim, pengertian antonim dan pengertian anonim tentu saja beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Pengertian Sinonim, Antonim, Dan Anonim

Satu tanggapan pada “Pengertian Sinonim, Antonim, Dan Anonim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas